Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Cara Mempercepat Koneksi WiFi

Di tahun 2017 ini koneksi cepat bukanlah lagi barang langka bagi anda yang tinggal di kota-kota besar di Indonesia, apalagi bagi anda yang tinggal di ibukota DKI Jakarta.

Meskipun pada tahun 2017 Indonesia masih berada di peringkat 102 dengan kecepatan rerata download 9,94 Mbps (jaringan mobile), dan peringkat 94 dengan kecepatan rerata download 13,20 Mbps (fixed broadband) menurut speedtest, hal ini tetap menunjukkan adanya peningkatan yang berarti dibandingkan beberapa tahun ke belakang.

Bagi anda yang sudah menjadi pengguna internet sejak 10 tahun terakhir pasti merasakan jauhnya perbedaan kualitas layanan internet di Indonesia

Meski demikian pasti ada sebagian dari anda yang masih menggunakan koneksi internet yang lambat. Nah sebelum anda menyalahkan provider anda, ada baiknya anda mengecek WiFi anda. Bisa jadi penyebab internet anda menjadi lambat adalah perangkat WiFi maupun piranti lunak yang anda gunakan.

Kami sudah mengumpulkan beberapa cara mempercepat koneksi WiFi yang bisa anda lakukan sendiri di rumah.

1. Lakukan Uji Kecepatan Internet Anda
Sebelum melangkah kepada cara mempercepat koneksi WiFi di laptop anda, pertama-tama anda bisa melakukan pengujian kecepatan internet anda.

Cara paling mudah dan paling umum digunakan adalah menuju situs-situs penguji kecepatan yang gratis yakni speedtest.net. Lalu lihat kecepatan internet anda.

Jika kecepatan internet anda sudah sesuai dengan broadband plan yang ditawarkan ISP anda, atau justru kecepatan internet anda sudah melebihi kecepatan rerata internet di Indonesia, mungkin artikel yang kami bagikan ini tidak banyak bermanfaat, tapi tidak ada salahnya jika anda memang ingin mencoba hal-hal dibawah ini.

Jika anda merasa keecpatan internet anda tidak sesuai dengan yang dijanjikan ISP anda, sebelum anda menyalahkan ISP anda, ada baiknya anda mencoba beberapa cara mempercepat koneksi WiFi di bawah ini.

Baca Juga  Memasukkan nirkabel ke jaringan anda yang sudah ada

2. Fengshui WiFi
Lokasi WiFi merupakan salah satu hal krusial yang seringkali dilupakan oleh para penggunanya. Umumnya kebanyakan orang akan memasang routernya dekat dengan tempat colokan listrik.

Setelah itu kebanyakan orang akan meletakkannya dimanapun, entah di meja, di lemari, atau bahkan di lantai.

Bagi anda yang melakukan hal seperti ini juga, ada baiknya anda memindahkan posisi router anda. Karena meletakkan router di tempat yang rendah atau terhalang berbagai macam benda di rumah anda merupakan salah satu penyebab buruknya koneksi WiFi anda.

Selain itu hindari meletakkan router anda di tempat yang terhalang tembok atau besi. Karena hal ini akan menyulitkan sinyal WiFi untuk penetrasi. Masalah ini umum dijumpai pada orang yang memiliki rumah luas dengan banyak kamar namun satu router, tanpa repeater.

Biasanya sinyal WiFi di kamar-kamar terujung akan sangat buruk, dan hal ini akan memengaruhi koneksi WiFi anda tentunya.

Selain penghalang dan ketinggian, anda juga perlu mempertimbangkan membeli repeater. Repeater berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi dan memancarkannya kembali.

Tentu membeli repeater merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet WiFi yang dapat dengan mudah anda lakukan.

Selain posisi WiFi, ada beberapa hal penting yang dapat anda perhatikan di rumah sehingga anda bisa mempercepat koneksi WiFi anda. Hal tersebut adalah adanya barang-barang “pengganggu” sinyal WiFi.

Hal yang paling sering menjadi penyebab terganggunya sinyal WiFi adalah microwave, telepon nirkabel, dan peralatan-peralatan lainnya yang memanfaatkan teknologi Bluetooth.

Microwave terutama akan mengganggu router-router generasi lama yang memiliki frekuensi pita 2.4 GHz, karena microwave sendiri berjalan pada frekuensi 2.45 GHz.

Sebenarnya microwave saat ini sudah memiliki peredam yang mampu meredap gelombang mikro dari dalam ke luar, namun tidak menutup kemungkinan hal ini tidak bekerja baik sehingga gelombang mikro keluar dan mengganggu sinyal WiFi anda.

Baca Juga  Script Bikin Queue Tree Bandwidth Limiter

3. Memilih Kanal yang Tepat
Salah satu masalah yang juga sering di jumpai terkait lambatnya koneksi WiFi adalah kesalahan pemilihan kanal. Sinyal WiFi berjalan melalui “kanal-kanal” yang ada di ruang terbuka.

Bayangkan jika dalam satu kanal ada berbagai macam sinyal yang berjalan. Hal ini akan menyebabkan sinyal akan tumpang tindih dan dapat mengganggu satu sama lain. Pada akhirnya akan terjadi data loss dan sinyal harus di rebroadcast, yang akan bermanifestasi sebagai penurunan kecepatan internet anda.

Untuk mengatasi masalah ini, anda dapat menggunakan software WiFi Analyzer gratis yang sangat banyak tersedia di Internet. Umumnya piranti lunak yang tersedia ini memiliki tampilan yang sangat ramah pengguna. Selain itu instruksinya pun banyak beredar di dunia maya untuk masing-masing piranti lunak ini.

Salah satu piranti lunak yang dapat anda gunakan adalah free inSSIDer utility.

Pertama-tama anda buka aplikasi tersebut untuk melihat jaringan WiFi dan mengetahui jaringan mana saja yang digunakan. Kemudian anda akan diperlihatkan grafik dengan berbagai warna dan kanal-kanal yang digunakan. Sederhananya anda pilih kanal yang paling sedikit digunakan.

Setelah itu anda buka alamat IP router di browser anda. Untuk mengetahui alamatnya anda bisa ketikkan ipconfig pada command prompt. Masuk ke pilihan setting WiFi anda, dan cari pilihan kanal di menu dropdown. Pindahkan kanal anda ke kanal yang tadi di awal paling sedikit dipilih oleh pengguna WiFi di sekitar anda.

Metode ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi internet WiFi dengan tingkat yang agak lebih sulit dibandingkan dengan mengutak-atik posisi dan lokasi router anda.

4. Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan CMD
Selain beberapa cara di atas, kami juga memiliki cara mempercepat koneksi WiFi di laptop anda dengan cmd dan tanpa aplikasi tambahan.

Baca Juga  Monitoring Temperature Dengan Fitur Health Mikrotik

Pertama-tama anda bisa membuka command prompt setelah sebelumnya anda pastikan bahwa laptop/PC anda sudah terkoneksi ke jaringan WiFi. Kemudian pada nama WiFi klik kanan dan klik status.

Setelah itu akan muncul tampilan status Wireless Network Connection dan anda bisa melihat alamat IP WiFi anda di pilihan detail. Cara lain adalah dengan cara mengetikkan ipconfig pada cmd anda.

Setelah itu masuk ke cmd dan ketikkan ping –l (jumlah request bandwidth) (IP address) –t. Misalnya jika anda menginginkan bandwidth 1000 bytes (berarti lebih dari yang disediakan, umumnya 32 bytes) dan IP address anda 192.168.1.1, maka anda bisa ketik ping –l 1000 192.168.1.1 –t.

Biarkan cmd terbuka selama anda terhubung dengan internet. Hal ini merupakan salah satu cara mempercepat koneksi dengan cmd yang bisa anda lakukan sendiri.

Metode lain untuk mempercepat koneksi WiFi anda menggunakan cmd adalah dengan cara berikut ini. Setelah anda membuka cmd, buka root dengan cara ketik cd C:\. Setelah anda mengetikkan hal tersebut anda bisa menuliskan netsh interface tcp set global autotuning=disabled. Maka tampilan jendela cmd akan berubah.

Anda bisa langsung menjelajah internet dengan setting terbaru ini. Jika anda ingin mengembalikkan hal ini menjadi kondisi semula, anda bisa ketik netsh interface tcp set global autotuning=normal lalu tunggu hingga muncul notifikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lewat ke baris perkakas
IBX5A7DB3599843D