Skip to Content

Indonesia Wireless Community

RT RW Net & Internet Service Provider

Monitoring Temperature Dengan Fitur Health Mikrotik

Monitoring Temperature Dengan Fitur Health Mikrotik

Be First!
by Juni 12, 2018 Tutorial

Untuk monitoring temperature pada routerboard teman-teman tidak harus memegang casing ataupun menempelkan thermometer pada Routerboard, Router OS telah menyediakan fitur Health yang fungsinya untuk memudahkan teman-teman dalam memonitoring temperature pada Routerboard. Tidak hanya menginformasikan tentang temperature pada routerboard, ada juga informasi lain yang ditampilkan, seperti Voltage dan Fan Control

Saat ini memang tidak semua RouterBoard dibekali dengan fitur ini, hanya type tertentu saja dan informasi yang ditampilkan akan berbeda, tergantung hardware sensor yang terpasang. Di bawah ini table type router beserta informasi yang bisa ditampilkan pada System Health.

Temperature Mikrotik

Sesuai table di atas, sebagian besar type RouterBoard yang dibekali dengan fitur Health memiliki kemampuan untuk memonitor Voltase dan PCB Temperature, sebagai contoh di bawah ini terdapat tampilan pada RB450G.

Temperature RB450G

Jika teman-teman menggunakan router CCR series, yang rata-rata routernya memiliki Fan, maka tampilan Health akan berbeda. Selain memiliki fitur monitor paling lengkap, Health pada CCR series dapat digunakan untuk melakukan kontrol kerja fan pendingin.

Temperature CCR Mikrotik

Rata-rata CCR memiliki 2 kipas pendingin yang terpasang di bagian belakang casing. Fan Control ini dapat digunakan untuk menentukan fan mana yang akan aktif, apakah hanya satu saja, atau bisa juga diset agar fan bekerja bergantian.

Baca Juga  Membatasi sharing koneksi dengan 'Change TTL'
Previous
Next

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

IBX5A7DB3599843D