Port Forwarding pada Modem GPON Indihome

Port Forwarding pada Modem GPON Indihome

Mungkin banyak pertanyaan diantara kita pengguna jaringan ketika menggunakan layanan internet dari indihome, ketika akan melakukan koneksi VPN ke MikroTik. Karena secara topologi IP Public dari Internet Provider terpasang di perangkat modem GPON atau istilah lain pada ONT.

Untuk service yang terdahulu mungkin perangkat modem bisa disetting bridging, dan untuk VPN kita bisa langsung dil-up IP Public yang terpasang di MikroTik. Namun kebanyakan dengan teknologi GPON perangkat ONT tidak bisa di bridging karena adanya service-service yang mungkin dengan adanya bridging tidak akan berjalan. Lalu, bagaimana solusinya?

Dengan kasus seperti itu kita bisa memanfaatkan fitur port forwarding pada perangkat ONT, kemudian selanjutnya trafik untuk VPN Connection akan dibelokkan ke MikroTik

VPN Mikrotik

Untuk konfigurasi disisi ONT kita bisa setting pada menu ‘Forwarding Rules’, kemudian ditentukan service yang akan dilakukan redirect trafiknya. Disitu sudah ada opsi sendiri pada parameter ‘Application’. Misal, servicenya adalah VPN PPTP.

VPN Indihome

Pada parameter ‘Internal Host’ diisi dengan IP dari MikroTik-nya. Dengan demikian ketika ada koneksi VPN-PPTP (TCP 1723) yang masuk ke ONT Indihome nanti akan di-forward langsung ke Mikrotik.

Untuk sisi MikroTiknya sendiri cukup kita setting/aktifkan service VPN PPTP seperti pada umumnya.

PPTP Mikrotik

 

 

Baca Juga  Capsman dengan VLAN dan VAP (Virtual Access Point)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">HTML</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lewat ke baris perkakas
IBX5A7DB3599843D